Pelaksanaan dan Syarat Aqiqoh

Posted by on Sep 25, 2012 in Seputar Aqiqoh | 2 comments

Pelaksanaan dan Syarat Aqiqoh

Pelaksanaan Aqiqoh

Rasullah SAW memcontohkan pada hari ke tujuh mencukur rambur bayi, memberi nama yang baik dan menyembelih kibsy (domba putih) untuk aqiqoh. Apabila pada hari ketujuh, belum mampu ada kelapangan rizki, bisa ditunda pada hari ke-14. Kalau belum mampu juga bisa dilakukan pada hari ke-21, kalau belum mampu juga bisa dilakukan sampai Allah memberikan rizki yang lapang. Insya Allah ditekadkan, pasti Allah SWT akan turun tangan.

syarat aqiqoh

Syarat Aqiqoh

Niat yang benar Waktu yang diisyaratkan Domba / kambing sehat dan tidak cacat Hewan dari jenis kibsy (domba putih) dan sehat dengan umur minimal setengah tahun dan kambing jawa minimal satu tahun Untuk anak laki-laki dua ekor, dan untuk anak perempuan satu ekor.

2 Responses to “Pelaksanaan dan Syarat Aqiqoh”

  1. mas.. kalo misal orang tua kita belum di aqiqah, apakah anaknya juga bisa mengakikohkan?

    feel free to visit my blog;
    jual kado ulang tahun buat pacar

    • Insya Allah bisa, karena aqiqoh adalah bukti rasa syukur kita kepada Allah, dan bukti rasa syukur itu kita wujudkan dengan bersedekah. aqiqoh adalah salah satu wujud dari sedekah.Rasullah SAW memcontohkan pada hari ke tujuh mencukur rambur bayi, memberi nama yang baik dan menyembelih kibsy (domba putih) untuk aqiqoh. Apabila pada hari ketujuh, belum mampu ada kelapangan rizki, bisa ditunda pada hari ke-14. Kalau belum mampu juga bisa dilakukan pada hari ke-21, kalau belum mampu juga bisa dilakukan sampai Allah memberikan rizki yang lapang. Insya Allah ditekadkan, pasti Allah SWT akan turun tangan

Leave a Reply